searching

Jumat, 28 Desember 2012

Permen Karet . . . (Bubblegum) . . .

Permen karet merupakan jenis permen yang banyak digemari oleh anak-anak, kalangan remaja bahkan orang dewasa sekalipun karena dengan mengunyah permen karet akan menimbulkan keasikan tersendiri bagi penikmatnya. Warna yang beraneka ragam dapat menarik minat bagi pencinta permen karet untuk terus memakannya dan ditambah dengan rasa yang mengasyikan pula.

Manfaat mengunyah permen karet bagi kesehatan :

1. Menurunkan berat badan
Manfaat pertama dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah dapat menurunkan berat badan. Dengan sering mengunyah permen karet maka otot rahang Anda akan bergerak secara otomatis. Dampak dari gerakan rahang yang mengunyah permen karet akan dapat mengontrol rasa lapar. Dan berapa kalori yang berhasil dibakar dari kegiatan ini? Dalam satu jam Anda sudah dapat melenyapkan 11 kalori lemak dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mulut
Manfaat kedua dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah terjaganya kesahatan gigi dan rongga mulut. Gerakan Anda mengunyah permen karet akan mengeluarkan banyak air liur. Dan semakin banyak Anda memproduksi air liur maka hal itu sangat baik bagi kesehatan gigi dan rongga mulut Anda. Namun akan lebih baik lagi bila Anda mengunyah permen karet bebas gula.

3. Mengurangi Stres
Permen karet dapat membantu seseorang melawan stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama ujian atau saat belajar akan lebih tenang dan tidak grogi.

4. Gigi putih bersinar
Manfaat keempat dari kebiasaan mengunyah permen karet adalah membuat gigi Anda putih berseri dan rahang yang kuat. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan gigi kuning maka lakukan kebiasaan baik ini agar gigi Anda berubah menjadi putih bersih.

5. Meningkatkan Pencernaan
Jika Anda terbiasa mengunyah permen karet setelah makan, Anda akan cenderung memiliki pencernaan yang sehat. Permen karet membuat Anda menelan air liur berulang kali karena peningkatan produksi air liur, sehingga memungkinkan asam pencernaan untuk turun ke perut dan memulai pencernaan.


Kerugian mengunyah permen karet

1. Kerusakan pada gigi
Pada waktu mengunyah permen karet, gula tinggal di dalam rongga mulut dalam waktu lama, maka bakteri dalam rongga mulut akan merubah gula menjadi asam yang akan mengurai kalsium gigi (email gigi) sehingga menyebabkan kerusakan pada gigi.
Para ahli menganjurkan agar memilih permen karet xylitol sebagai pengganti gula, karena xylitol memiliki rasa dan nilai gizi yang sama dengan gula, namun tidak dapat difermentasi menjadi asam sehingga aman untuk gigi.

2. Merusak organ tubuh
Hasil riset di Swiss menunjukan, sering mengunyah permen karet dapat merusak bahan tambalan gigi. Oleh sebab itu bagi seseorang yang menggunakan tambalan gigi dengan bahan air raksa sebaiknya jangan mengunyah permen karet.
Karena mengunyah permen karet dapat mengurai senyawa air raksa tersebut, yang dapat meningkatkan jumlah kandungan air raksa dalam darah dan air kemih. Kelebihan zat tersebut dapat berpengaruh negatif terhadap otak, susunan syaraf pusat dan ginjal.

3. Kualitas tidur memburuk
Anak-anak yang mengunyah permen karet dalam waktu lama, kemungkinan besar akan mempunyai kebiasaan menggertakkan gigi pada saat tidur karena otot-otot mulut dalam keadaan tegang, sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur mereka.
Para ahli menyarankan agar anak-anak tidak mengunyah permen karet lebih dari 3-4 kali sehari dan tidak melampaui 10-15 menit.

4. Mempengaruhi bentuk wajah
Sering mengunyah permen karet bagi para remaja dapat berisiko memiliki bentuk wajah segi empat, karena otot-otot rahang mungkin terlalu terlatih sehingga sangat cepat pertumbuhannya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diagonal Select - Hello Kitty 2